YUDAS MENGKHIANATI YESUS

 Renungan
banner 468x60

YUDAS MENGKHIANATI YESUS

Kemudian pergilah seorang dari kedua belas murid itu, yang bernama Yudas Iskariot, kepada imam-imam kepala. Ia berkata: “Apa yang hendak kamu berikan kepadaku, supaya aku menyerahkan Dia kepada kamu?” Mereka membayar tiga puluh uang perak kepadanya. (Matius 26:14-15 )

Ada yang mengatakan bahwa Yudas berkhianat sesuai skenario Allah agar Yesus dapat menyelesaikan tugasNya yaitu mengorbankan diriNya di salib untuk menebus manusia dari alam maut.

Bila saja Yudas Iskariot tidak berkhianat maka tidak terjadi penebusan manusia.

Bukankah Yesus sudah tahu sejak awal ketika Yesus memilih ke-12 rasul karena Yesus berdoa kepada Allah?

Lukas 6:12-13
Pada waktu itu pergilah Yesus ke bukit untuk berdoa dan semalam-malaman Ia berdoa kepada Allah. Ketika hari siang, Ia memanggil murid-muridNya kepadaNya, lalu memilih dari antara mereka dua belas orang, yang disebutNya rasul….

Allah mengutus malaikat Gabriel kepada Maria meyampaikan pesan Allah bahwa Maria dipilih menjadi ibu Yesus di dunia ini (Lukas 1:30-32).

Jadi Yudas itu melaksanakan rencana Allah, sama halnya Maria juga dipakai Allah untuk menggenapi rencana Allah.

Benarkah demikian?

Tidak ada seorangpun yang tahu pasti rencana Allah mempersiapkan Yesus sebagai Mesias (=Juru Selamat manusia) karena itu hak pregrogatif Allah.

Roma 1:33-34
O, alangkah dalamnya kekayaan, hikmat dan pengetahuan Allah! Sungguh tak terselidiki keputusan-keputusanNya dan sungguh tak terselami jalan-jalanNya! Sebab, siapakah yang mengetahui pikiran Tuhan? Atau siapakah yang pernah menjadi penasihatNya?

Kita tidak tahu pasti tetapi yang kita tahu manusia itu berdosa sebab banyak yang seperti Yudas berkhianat kepada Allah demi kepentingan pribadi.

Jika kita cermati, Iblis memang sudah menguasai hati Yudas Iskariot agar ia mengkhianati Yesus.

Yohanes 13:2
Mereka sedang makan bersama, dan Iblis telah membisikkan rencana dalam hati Yudas Iskariot, anak Simon, untuk mengkhianati Dia.

Yohanes 13:27a
Sesudah Yudas menerima roti itu, ia kerasukan Iblis.

banner 468x60

Author: 

No Responses

Tinggalkan Balasan