DILAHIRKAN KEMBALI DARI AIR DAN ROH (Bag-1)

 Renungan
banner 468x60

DILAHIRKAN KEMBALI DARI AIR DAN ROH (BAGIAN-1)

Selama masa oktaf Paskah, bacaan Injil berhubungan dengan penampakan Tuhan Yesus setelah kebangkitanNya.

Maka mulai hari ini dan seterusnya bacaan Injil kembali kepada pemberitaan tentang Yesus adalah Anak Allah yang diutus Bapa untuk menyelamatkan umat manusia dan barangsiapa percaya kepada Yesus akan memperoleh kehidupan kekal, dan juga pemberitaan tentang pengajaran, mukjizat yang Yesus kerjakan selama berkarya di dunia ini.

Sedangkan bacaan pertama berkisar mengenai para rasul dan pengikut lainnya memberitakan Injil tentang Yesus telah bangkit dan Yesus adalah Mesias, Juruselamat serta bagaimana kehidupan jemaat perdana, dsbnya.

Baiklah, sekarang kita mulai membahas dan merenungkan bacaan Injil setelah masa oktaf Paskah berlalu.

Bacaan Injil hari ini dimulai dengan Nikodemus menemui Yesus di malam hari karena ingin mengenal lebih dekat lagi dengan Yesus, menurutnya adalah utusan Allah (ayat 1-2).

Nikodemus, seorang pemimpin agama Yahudi datang pada malam hari karena takut diketahui rekan-rekannya menemui Yesus padahal saat itu Yesus ditentang dan diancam akan dibunuh sebab ajaran Yesus bertentangan dengan agama Yahudi dan hukum Taurat.

Tidaklah heran bila Nikodemus belum dapat mengerti ajaran Yesus namun ia tersentuh hatinya dan ingin mengenal lebih dalam lagi, siapa Yesus itu.

Bandingkan, ada umat Kristiani yang mengaku percaya kepada Yesus tetapi tidak tertarik, apalagi tersentuh hatinya mau mengenal lebih dalam lagi tentang Yesus Kristus.

Kecenderungan umat kristiani ada yang tertuju atau fokus pada Berkat Tuhan berhubungan dengan uang, rejeki, harta dunia, kesembuhan sakit penyakit.

Mari kita dengar bagaimana Yesus menjelaskan kepada Nikodemus.

Hal Pertama
Dilahirkan kembali dari air dan Roh

Yohanes 3:3
Yesus menjawab, kataNya: “Aku berkata kepadamu, sesungguhnya jika seorang tidak dilahirkan kembali, ia tidak dapat melihat Kerajaan Allah.”

Nikodemus tidak mengerti apa maksud Yesus mengatakan : dilahirkan kembali.

dilahirkan kembali = diperbaharui
Apa yang diperbaharui?

Yohanes 3:5
Jawab Yesus: “Aku berkata kepadamu, sesungguhnya jika seorang tidak dilahirkan dari air dan Roh, ia tidak dapat masuk ke dalam Kerajaan Allah.

Pertanyaannya adalah : apa maksudnya dilahirkan dari air dan Roh?

Yesus adalah sumber air hidup.

Yohanes 7:37-38
Dan pada hari terakhir, yaitu pada puncak perayaan itu, Yesus berdiri dan berseru: “Barangsiapa haus, baiklah ia datang kepadaKu dan minum!
Barangsiapa percaya kepadaKu, seperti yang dikatakan oleh Kitab Suci: Dari dalam hatinya akan mengalir aliran-aliran air hidup.”

Air dipandang sebagai simbol dari kelimpahan Berkat Allah yakni damai sejahtera dan sukacita Ilahi.

Yesaya 48:18
Sekiranya engkau memperhatikan perintah-perintahKu, maka damai sejahteramu akan seperti sungai yang tidak pernah kering, dan kebahagiaanmu akan terus berlimpah seperti gelombang-gelombang laut yang tidak pernah berhenti.

Pengertian Allah Tritunggal saat itu belum dipahami maka yang dimaksud dengan Roh adalah Allah.

Meskipun Yohanes Pembaptis sudah tersirat menjelaskan tentang Allah Tritunggal : Allah, Yesus, Roh Kudus.

Matius 3:11
Aku (=Yohanes Pembaptis) membaptis kamu dengan air sebagai tanda pertobatan, tetapi Ia yang datang kemudian dari padaku lebih berkuasa dari padaku dan aku tidak layak melepaskan kasutNya. Ia (=Yesus Kristus) akan membaptiskan kamu dengan Roh Kudus dan dengan api.

Dilahirkan kembali dari air dan Roh bisa berarti : ditujukan kepada orang-orang yang belum percaya kepada Yesus dan belum dibaptis dalam nama Bapa, Putera, dan Roh Kudus, tetapi juga ditujukan kepada orang-orang sudah percaya kepada Yesus tetapi hidupnya menjauh dari Yesus dan bergelimang dosa karena mengikuti jalan dunia.

Orang-orang yang belum percaya kepada Yesus akan dilahirkan kembali jika ia menerima Yesus dengan tanda baptisan berarti orang ini diperbaharui secara rohani dan ia menjadi anak-anak Allah dan bukan lagi anak-anak dunia.

Yohanes 1:12-13
Semua orang yang menerimaNya diberiNya kuasa supaya menjadi anak-anak Allah, yaitu mereka yang percaya dalam namaNya; orang-orang yang diperanakkan bukan dari darah atau dari daging, bukan pula secara jasmani oleh keinginan seorang laki-laki, melainkan dari Allah.

Nikodemus percaya pada Allah/Yahwe karena agama Yahudi berpegang pada kitab Taurat Musa.

Nikodemus belum dilahirkan kembali karena belum percaya kepada Yesus adalah Mesias, Sang Juruselamat sehingga ia tidak dapat masuk ke dalam Kerajaan Allah.

Yohanes 14:6
Kata Yesus kepadanya: “Akulah jalan dan kebenaran dan hidup. Tidak ada seorangpun yang datang kepada Bapa, kalau tidak melalui Aku.

Memang bisa panjang penjelasannya karena bukan hanya percaya kepada Yesus maka orang-orang percaya kepada Yesus dipastikan memperoleh kehidupan dan keselamatan.

Bagi orang-orang percaya kepada Yesus harus dilahirkan kembali bila menjalani hidup tidak sesuai dengan jalan kebenaran dan jalan kehidupan yang ditunjukkan Yesus.

Dosa adalah sumber masalah hidup manusia; yang belum maupun yang sudah percaya kepada Yesus Kristus.

Penyebab manusia berbuat dosa adalah hidup menurut jalan dunia dan bukan jalan Yesus.

Apa maksudnya?
Inilah hal berikutnya yang disampaikan Yesus kepada Nikodemus yakni :

banner 468x60

Author: 

No Responses

Tinggalkan Balasan